FAKTA

Islam dan Go Green


      Dapat kita lihat saat ini banyak sekali terjadi bencana-bencana, dan penyebabnya tidak lain tidak bukan adalah manusia itu sendiri. Mulailah dari saat ini untuk melestarikan lingkungan kita agar bumi yang kita cintai ini tetap indah dan hijau. Mulailah untuk mengurangi polusi udara dengan menanam pohon sebanyak banyaknya. Dan taukah anda bahwa menanam pohon itu mempunyai manfaat yang sangat besar, dan diantara manfaatnya tidak hanya manfaat didunia saja, tetapi juga manfaat di akherat..
            Iya, benar. Kita akan mendapatkan pahala senilai pahala sedekah, walaupun kita hanya menanam pohon satu saja. Hmm tapi bagaimana yak kok bisa dapat pahala ?? Kita bisa mendapat pahala karena jika tanaman atau pohon yang kita tanam tersebut memiliki buah/biji dan buah/biji tersebut dimakan oleh manusia atau hewan, apakah tidak sama dengan kita sedekah dengan biji dan buah tadi. Berikut ini adalah kutipan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam.

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,”tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam sebuah tanaman, kemudian dimakan seekor burung, atau seorang manusa atau binatang ternak, kecuali itu menjadi sedekah bagiya”.
[HR.  bukhori dan muslim]

Dan ada hadits ini.

Dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda ,”tidaklah seorang muslim yang menanam sebuah pohon kemudian dimakan oleh seorang manusia, seekor binatang melata atau burung kecuali itu menjadi sedekah baginya hingga hari kiamat”.
[HR. Muslim]

            Dalam hal ini menunjukkan bahwa menanam suatu pohon adalah merupakan shadaqah jariyah yang terus mengalir pahalanya meskipun ia (yang menanam) sudah meninggal. Mari kita mulai dari diri kita untuk menanam pohon sebanyak mungkin. Tidak usah menunggu kebijakan dari pemerintah, karena hal yang besaar dimulai dari hal yang kecil.

“...............Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
[QS. Al Baqarah : 148]

            Mari selamatkan bumi kita, terus menanam banyak pohon, dan stop global warming…..



Sumber : majalah Qiblati edisi 08 tahun IV hal 40

About Muhammad Danu Kurniadi

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.