KISAH DAN SEJARAH

Mengenal Lebih Dekat Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani




Oleh : Imam Rohhani.

Nama Syaikh Abdul Qadir al-Jilani begitu familiar dan tidak asing lagi di telinga kita. Berbagai macam cerita keajaiban yang luar biasa banyak disandarkan kepada beliau sehingga membuat sebagian dari kita begitu mengagung-agungkannya dan berlebihan dalam memujinya (ghuluw). Namun ada sebagian dari kita pula yang menganggap beliau adalah seorang yang sesat, ahli bid’ah dan lain-lain. Oleh karenanya, dengan melihat biografi, aqidah dan perjalanan hidup beliau, maka kita akan mengetahui hakikat beliau yang sebenarnya dan kita dapat menilai secara objektif tanpa mendzalimi beliau rahimahullahu ta’ala.

Biografi Singkat Syaikh Abdul Qadir al Jailani
            Beliau adalah Abu Muhammad Abdul Qadir bin Abi Shalih Abdillah al-Jilani al-Hambali. Menurut sebagian ahli sejarah nasabnya tersambung kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu, wallahu a’lam. Lahir pada tahun 471 H di daerah Jilan, suatu wilayah yang kini berada di negara Iran, tepatnya sebelah selatan Laut Kaspia.
Beliau menghabiskan umurnya untuk menimba ilmu dari banyak ulama di antaranya Abu Sa’d al Mukhorrimiy, Abu Ghalib al-Baqilaniy, Ahmad bin Mudzaffar, dan Ja’far bin Ahmad as-Sarraj. Di antara murid-murid beliau adalah as-Sam’ani, Muwaffaquddin Ibnu Qudamah al-Maqdisy (pengarang kitab Al Mughni, Lum’atul I’tiqad, dan lain-lain), dan Taqiyuddin Ibnu Qudamah al-Maqdisy (pengarang kitab Umdatul Ahkam, al-Kamal fi Asmaa-ir Rijal). Sedangkan kitab-kitab beliau yang terkenal di antaranya al-Ghunyah Li Thalibil Haqqi, Futuhul Ghaib, dan al-Fathur Rabbani wal Faidhur Rahmani. Dan beliau wafat pada tahun 561 H.

Aqidah Syaikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullahu ta’ala
            Perlu kita ketahui bahwasanya Syaikh Abdul Qadir al Jilani merupakan salah satu dari ulama-ulama Ahlussunnah yang mengikuti aqidah Salaf. Dan hal itu tercermin dari perkataan-perkataan beliau dalam kitab-kitabnya, seperti :
عليكم بالاتباع من غير ابتداع، عليكم بمذهب السلف الصالح،امشوا في الجادة المستقيمة
“Hendaklah kamu berittiba’ dan janganlah kamu berbuat bid’ah, dan hendaklah kamu juga mengikuti madzhab Salafush Shalih, berjalanlah kamu di jalan yang lurus” (Fathur Rabbani wal Faidhur Rahmani hal. 35 [Majlis ke-10])
            Imam adz-Dzahabi pun menuliskan dalam kitab beliau Siyar A’lamin Nubala’ jilid 20 hal. 442 bahwasanya Syaikh Abdul Qadir al Jilani seringkali menyatakan :
اعتقادنا اعتقاد السلف الصالح و الصحابة
“Aqidah (keyakinan) kami adalah aqidah (kaum) Salafush Shalih dan aqidah para shahabat.”
            Dalam kitab al-Ghunyah Li Thalibil Haqqi, beliau pun semakin menunjukkan kepada kita akan aqidah beliau yang sesuai dengan aqidah ahlussunnah wal jama’ah, yang mana beliau menetapkan sifat-sifat Allah tanpa menta’wilkannya dan merubah maknanya, beliau pun berkata mengenai sifat kedua tangan Allah :
له يدان و كلتا يديه يمين، قال جل وعلا: وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِيْنِهِ
“Allah memiliki sifat kedua tangan, dan kedua tangan-Nya itu adalah kanan, Allah berfirman: ‘Dan (pada hari kiamat kelak) langit yang tujuh itu digulung dengan tangan kanan-Nya.’ (QS. Az-Zumar : 67)”.[1]
Dalam kitab yang sama beliau menetapkan akan bersemayamnya Allah di atas Arsy, bahkan melarang kita untuk menyatakan bahwasanya Allah ada di mana-mana. Beliau berkata:
ولا يخلو من علمه مكان، ولايجوز وصفه بأنه في كل مكان، بل يقال: إنه في السماء على العرش، كما قال جل ثناؤه: الرَّحْمنُ عَلَى العَرْشِ اسْتَوَى
Ilmu Allah itu meliputi setiap tempat, dan tidak diperbolehkan (sama sekali) menyifati Allah bahwa Dia berada di setiap tempat, namun wajib untuk dikatakan bahwa Allah berada di atas langit (bersemayam) di atas Arsy-Nya, sebagaimana Allah telah berfirman: ‘Rabb Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas Arsy’ (QS. Thoha : 5)”.[2]
            Begitu pula dalam menetapkan pelaku dosa besar, beliau sejalan dengan aqidah Ahlussunnah wal jama’ah yang tidak berlebih-lebihan sehingga mengkufurkan pelaku dosa besar seperti yang dilakukan oleh kaum Khawarij, dan tidak menyepelekan maupun meremehkannya seperti anggapan kaum Murji’ah yang menafikan berkurangnya keimanan seorang pelaku dosa besar, sehingga iman pelaku dosa besar sempurna seperti halnya iman Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu. Beliau berkata :
“Kami juga meyakini bahwa seorang mukmin, walaupun dia telah banyak berbuat dosa besar dan dosa kecil, maka orang itu tidak menjadi kufur (keluar dari agama Islam lantaran perbuatan dosanya), walaupun orang itu mati dalam keadaan belum bertaubat dari semua yang telah diperbuatnya itu, selama ia mati dalam keadaan bertauhid dan ikhlash kepada Allah semata, sedangkan urusannya diserahkan kepada Allah ‘Azza wa Jalla, bila Allah menghendaki untuk mengampuninya, makaer Allah akan memasukkan orang itu ke dalam Surga, sedangkan bila Allah berkehendak lain dan tidak mengampuninya, maka Allah akan mengadzab orang itu dan memasukkannya ke dalam Neraka, maka jangnlah seseorang berani untuk memutuskan sesuatu yang tidak pernah datang beritanya dari Allah tentang tempat kembalinya seseorang (apakah ke Surga ataukah ke Neraka).[3]
            Maka semakin jelaslah bagi kita bahwasanya beliau termasuk bagian dari ulama-ulama Ahlussunnah wal Jama’ah yang tegak di atas manhaj Salafush Shalih.

Ketergelinciran Beliau Rahimahullah
            “Tiada gading yang tak retak” pepatah itulah yang pantas kita sematkan kepada Syaikh Abdul Qadir al Jilani. Beliau hanyalah manusia biasa yang sama halnya dengan kita, terkadang benar dan terkadang salah. Di satu waktu perkataan beliau dapat kita ambil dan di waktu yang lain kita pun harus meninggalkannya jika bertentangan dengan yang haq. Karena hanya Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam sajalah yang perkataannya selalu diambil dan tidak boleh ditinggalkan. Di antara ketergelinciran beliau adalah terjerumusnya beliau ke dalam bid’ah-bid’ah ‘amaliyyah. Beliau menggunakan hadits-hadits dho’if dan maudhu’ dalam kitabnya al-Ghunyah ketika menerangkan amalan-amalan ibadah yang tidak bersumber dari Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Padahal menurut para ulama seperti Imam al-Bukhari, Imam Muslim, Imam Ibnu Hazm, Abu Bakar Ibnul Araby dan ulama-ulama yang lain menyebutkan bahwa hadits-hadits dho’if terlebih lagi maudhu’ tidak dapat digunakan untuk ahkaam (hukum) maupun untuk fadhailul a’maal. Imam al-Bayhaqi mengutip perkataan Imam Syafi’i rahimahullah tentang sikap beliau terhadap hadits yang lemah atau tidak valid dalam kitab beliau Ma’rifat Sunan wal Atsar, beliau berkata:
وَجِمَاعُ هَذَا أَنَّهُ لَا يُقْبَلُ إِلَّا حَدِيثٌ ثَابِتٌ كَمَا لَا يُقْبَلُ مِنَ الشُّهُودِ إِلَّا مَنْ عُرِفَ عَدْلُهُ، فَإِذَا كَانَ الْحَدِيثُ مَجْهُولًا أَوْ مَرْغُوبًا عَمَّنْ حَمَلَهُ كَانَ كَمَا لَمْ يَأْتِ؛ لِأَنَّهُ لَيْسَ بِثَابِتٍ
“Kesimpulan dari semua ini, bahwa tidaklah (sebuah hadits) diterima kecuali hadits yang valid, sebagaimana tidaklah para saksi diterima (persaksiannya) kecuali orang yang dikenal adilnya. Sehingga apabila hadits itu tidak diketahui atau dibenci perawinya, maka seakan hadits itu tidak ada, karena ketidakvalidannya.”[4]
Namun sekali lagi dalam masalah aqidah beliau tetap tegar dan kokoh dalam manhaj Salafush Shalih.

Sikap Ahlussunnah wal Jama’ah terhadap Syaikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullahu ta’ala
            Setelah mengetahui hakikat dan aqidah beliau, yang mana beliau tegak, kokoh, dan tegar di atas aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah  dengan pemahaman Salafush Shalih. Kita yakin bahwasanya beliau merupakan salah satu dari ulama Ahlussunnnah. Dan merupakan aqidah dan manhaj Ahlussunnah seperti yang Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu ungkapkan dalam kitabnya Minhaj al-Firqah an-Najiyah adalah menghormati para ulama mujtahidin dan tidak ta’ashshub kepadanya. Tidak mencela ketergelincirannya dan kesalahannya, namun mengoreksi dan membetulkan apa yang salah darinya dan meninggalkannya selama bertentangan dengan yang haq.
            Mengenai karomah-karomah yang disandarkan kepada beliau, maka dalam menyikapinya kita hendaknya mengikuti para salaf dalam menetapkan dan menerima karomah-karomah beliau yang tidak bertentangan dengan syari’at dan logika, seperti Ibnu Qudamah, Adz-Dzahabi, Ibnu Taimiyah, dan lain-lain. Tidak berlebih-lebihan dan fanatik sehingga menerima semua hal yang dinisbahkan kepadanya meskipun bertentangan dengan syariat, dan tidak pula menolak maupun mengingkari adanya karomah dari beliau sampai-sampai mencela beliau sebagai seorang pendusta, ahli bid’ah, sesat dan yang lainnya.
Maka untuk menutup tulisan ini akan kami sampaikan beberapa perkataan ulama yang berupa pujian kepada beliau Syaikh Abdul Qadir al-Jilani.
Ibnu Qudamah berkata, “Syaikh Abdul Qadir termasuk seorang pemimpin ulama di Baghdad dalam hal ilmu dan amal…, bila seorang hendak menuntut ilmu agama maka cukup baginya untuk belajar dari beliau saja, lantaran beliau adalah seorang pakar ilmu-ilmu Islam dan juga seorang yang memiliki kesabaran yang tinggi terhadap mereka yang menuntut ilmu”.[5]
Ibnu Taimiyah berkata mengenai beliau, “dan Syaikh Abdul Qadir dan yang semisalnya termasuk para ulama yang diagungkan pada zamannya, dan beliau juga termasuk seorang yang paling keras di dalam memerintahkan kaum muslimin untuk berpegang teguh kepada ajaran Agama (Al Qur’an dan Sunnah)”.[6]
            Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish showab



[1] Al-Ghunyah Li Thalibil Haqqi, hal. 85
[2] Ibid, hal. 86
[3] Ibid, hal. 97
[4] Ma’rifat Sunan wal Atsar 1/180.
[5] Dzail Thabaqatil Hanabilah I/293-294.
[6] Majmu’ Fatawa X/488.

About al-mudarris.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.